Tips Cerdas Memulai Bisnis Waralaba, Cocok untuk Pemula

Tak sedikit orang yang punya keinginan untuk mulai menjalankan bisnis, tetapi terkadang masih memiliki rasa ragu karena rasa takut bisnis tak berjalan hingga modal yang terlalu besar. Jika demikian, mungkin Anda bisa menjajal untuk menekuni bisnis waralaba yang saat cukup populer dan banyak diminati di Indonesia.

Bisnis dengan konsep yang satu ini terbilang cukup menjanjikan, pasalnya Anda tak perlu lagi membangun bisnis dari nol. Didukung dengan nama besar milik bisnis waralaba yang sebelumnya sudah banyak dikenal luas masyarakat Indonesia. Satu hal yang mesti dipersiapkan cuma modal juga sejumlah hal penting yang lain.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis waralaba ini baik untuk kerja sampingan atau pekerjaan utama, yuk kenali dulu tips cerdas sebelum memulainya berikut!

1. Pilih Bisnis Waralaba yang Sesuai Passion

Bisnis Waralaba
Image by Arofah
Bisnis waralaba terdiri dari banyak bidang, dari mulai kuliner, pendidikan hingga bisnis tempat cucian mobil. Agar bisa memastikan bisnis waralaba tersebut dapat berjalan lancar, ada baiknya untuk memilih bisnis sesuai dengan passion atau minat Anda.

Dengan demikian, bisnis waralaba yang akan Anda jalani bisa dijalankan dengan sepenuh hati dan bisa lebih bersemangat untuk memajukan bisnis tersebut. Menjalankan bisnis tanpa passion sama seperti mobil yang kehabisan bensin, tak bisa berjalan.

Baca Juga : 10 Situs Jualan Foto Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

Walaupun bisa berjalan, namun tidak maksimal, sebab Anda tidak sepenuh hati menjalankannya. Jadi temukan passion Anda dan pilih bisnis waralaba yang sesuai.

2. Temukan Lokasi yang Strategis

Lokasi Waralana Strategis
Image by Pawoon
Lokasi sebuah bisnis menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam mendukung sebuah bisnis, apalagi bisnis waralaba. Karena itu pikirkan dengan baik dimana lokasi yang akan Anda pilih untuk membuka bisnis waralaba Anda.

Sesuaikan lokasi yang Anda pilih untuk lokasi bisnis waralaba tersebut dengan target market yang dituju. Misalnya saja, jika target market bisnis Anda adalah kalangan mahasiswa, maka pilih lokasi bisnis yang berada di sekitar kawasan kampus atau tempat kost para mahasiswa.

Pemilihan lokasi bisnis juga harus disesuaikan dengan produk dari bisnis yang Anda jalankan, jangan sampai Anda salah menempatkan produk dan lokasi bisnis.

3. Persiapkan Modal

Modal Usaha Waralaba
Image by TradeXchange
Selanjutnya yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis waralaba ialah persiapan modal. Setiap bisnis waralaba membutuhkan modal yang cukup bervariasi dan sangat tergantung dari bisnis yang Anda pilih untuk dikembangkan.

Baca Juga : 5 Situs Freelance Terbaik Kerja Dirumah Dibayar, Kerja Santai

Namun, sesungguhnya besar kecilnya modal yang dipelrukan untuk menjalankan bisnis waralaba tidak berpengaruh pada kesuksesan bisnis tersebut. Faktor utama yang bisa membuat bisnis waralaba sukses dan berkembang ada pada inovasi dan juga kreativitas yang dimiliki oleh franchisor.

Oleh karena itu, siapkan saja modal yang dibutuhkan sesuai dengan bisnis waralaba yang sesuai passion dan kemampuan finansial yang Anda miliki. Jangan terlalu berlebihan dalam menanamkan modal, lakukan saja secara fleksibel.

4. Pelajari Secara Mendalam Bisnis Waralaba yang Ingin Dipilih

Usaha Waralaba
Image by Centerklik
Sebelum merintis sebuah bisnis waralaba, sangat penting untuk mempelajari secara mendalam seperti apa ketentuan pembayaran sekaligus sistem dari brand bisnis waralaba yang Anda pilih.
Poinnya, semakin baik dan jelas sebuah sistem yang dimiliki sebuah brand bisnis waralaba, maka bisnis tersebut semakin layak untuk dipilih.

Baca Juga : 6 Contoh Bisnis Yang Cocok Ditengah Pandemi

Disamping itu, Anda pun juga harus lebih teliti dan memperhatikan seperti apa sistem pembayaran dari bisnis tersebut. Pasalnya jika Anda abai dan tidak mempelajarinya terlebih dulu, bisa-bisa Anda justru merugi.

Nah, itu tadi beberapa tips cerdas sebelum mulai ikut menjalankan bisnis waralaba atau franchise. Keuntungan yang ditawarkan memang sangat menggiurkan, namun Anda juga harus lebih jeli dalam melihat setiap peluang bisnis waralaba yang Anda temui. Cermat dalam memilih, akan membuat Anda bisa mengantispasi setiap kemungkinan dalam bisnis waralaba. Semoga bermanfaat!
Baca Juga

0 Comments

Post a comment