Ini Nih Teknik Marketing Online yang Cocok untuk Bisnis Modal Pas-pasan

Di masa seperti sekarang ini, marketing online menjadi alat yang sangat penting dalam menjangkau market dan meningkatkan perkembangannya. Namun, memutuskan strategi marketing, terutama untuk pelaku bisnis dengan pas-pasan atau modal kecil menengah yang memiliki anggaran serta sumber daya yang terbatas, bisa menjadi cukup sulit.

Meskipun marketing dengan menggunakan media sosial memang gratis, namun membutuhkan waktu. Seperti halnya, blogging ataupun teknik marketing online yang lain. Namun, jika memilih iklan dengan media cetak maupun elektronik, bisa cukup mahal. lantas bagaimana cara pemasaran online terbaik untuk pelaku bisnis dengan modal kecil? Simak ulasannya berikut selengkapnya.

1. Manfaatkan Blog

Kerja sampingan bloging
Image by Seniberpikir
Blogging menjadi salah satu strategi marketing terbaik yang sangat efektif untuk bisnis dengan modal kecil. Dengan menyuguhkan informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan, blog bisa menjadi wadah untuk konten menarik lainnya yang bukan penjualan. Anda bisa mempromosikan serta tawarkan dengan menggunakan jaringan lain agar bisa melengkapi teknik marketing online yang satu ini. Hal tersebut juga bisa berdampak cukup positif pada SEO. 


Melalui blogging, paling tidak dua kali dalam seminggu, Anda mampu meningkatkan website jadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari secara signifikan. Semakin banyak konten blogging yang dibuat, maka akan meningkatkan traffic ke website Anda.

2 . Maksimalkan media sosial

Promosi di sosialmedia
Image by Hoteltechreport
Dalam marketing untuk telemarketing, pameran perdagangan maupun surat langsung, media sosial bahkan mampu menghasilkan dua kali lipat. Marketing online memang tak bisa lepas dari social media marketing. Pasalnya, di masa seperti saat ini media sosial merupakan sarana berinteraksi yang sangat populer di masyarakat. Tentukan dan pilih salah satu platform media sosial yang kerap digunakan oleh calon pelanggan, pelanggan, maupun pemilik industri yang Anda geluti saat ini.

Misalnya saja Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, maupun Google+ kemudian mulailah aktif di platform tersebut dengan membuat akun. Kemudian, mulailah membagikan konten menarik yang Anda buat sendiri, bergabung di grup atau forum diskusi, hingga mendaftar ke komunitas. Lakukan terus-menerus, namun tetap relevan serta bermanfaat untuk pengunjung.

3. Mulai membuat halaman bisnis dan beriklan di Facebook

promosi di facebook
Image by Udemy
Facebook merupakan salah satu alat dalam teknik marketing online terbaik untuk semua bisnis, terlebih lagi untuk bisnis dengan modal kecil. Semakin banyak interaksi antara pengguna, maka akan jauh lebih memungkinkan teman-teman di media sosial tersebut untuk melihatnya. Jangan lupa pertimbangkan juga untuk menggunakan iklan Facebook. Pasalnya, iklan di Facebook akan muncul di bagian news feed jadi tak akan mungkin dilewatkan penggunanya.

Baca Juga : Peluang Kerja Sampingan Gaji Besar! Bisa Dikerjakan Dirumah

4. Posting ke Instagram dan Pinterest

promosi di instagram
Image by Hivemind
Jika Anda ingin menjual produk ataupun layanan yang mengandalkan visual, seperti di industri kecantikan atau makanan, maka selalu menjaga postingan di Instagram atau Pinterest akan sangat penting. Posting di media sosial yang satu ini gratis, selain itu kedua platform tersebut memiliki pengikut yang terbilang cukup besar, terlebih untuk kalangan wanita.

Anda bisa mengarahkan traffic yang lebih besar ke website Anda melalui Pinterest. Selain itu, tak ada platform lain yang bisa menarik pengunjung dengan memaksimalkan hashtag seperti Instagram. Sehingga kedua platform media sosial ini sangat bagus untuk meningkatkan konversi penjualan, terutama untuk bisnis dengan modal kecil.

5 . Maksimalkan email marketing

email marketing
Image by 8marketing
Untuk bisa menarik pelanggan, email marketing merupakan media yang sangat bagus dan efektif. Pasalnya, melalui email marketing Anda bisa mengenalkan produk maupun layanan jasa Anda kepada calon pelanggan dengan lebih cepat. Pastikan juga untuk membuat semuanya terintegrasi antara email marketing dan teknik marketing online yang lainnya agar hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Baca Juga : Cara Auto Kaya Kerja Online 100$ Per Hari Dengan Website Penghasil Dollar Ini

6. Coba gunakan Google Ads atau iklan Pay Per Click (PPC)

Cara promosi di google ads
Image by Ioeti
Di ranah teknik marketing online, PPC bisa jadi pilihan dengan biaya yang cukup efisien. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan budget untuk marketing dengan target market yang jauh lebih spesifik di satu daerah tertentu. Sejumlah media maupun perusahaan marketing bahkan menawarkan beberapa solusi penawaran secara otomatis yang membuat pemula PPC di bisnis dengan modal kecil agar bisa memperoleh tingkat penargetan serta keterjangkauan yang sama.

7. Gunakan webinar

promosi webinar
Image by Elearningexpert
Maksimalkan penggunaan webinar agar bisa memperoleh daftar pelanggan prospek. Seorang ahli Webcast menyebutkan jika beberapa webinar memiliki efek timbal balik sekitar 70% yang merupakan pengguna yang menonton siaran langsung. Selain itu, webinar juga jauh lebih interaktif serta mampu menjaga perhatian calon pelanggan yang potensial. Karenanya, pastikan agar webinar Anda memiliki konten yang cukup relevan dengan pengunjung tertarget, kemudian terorganisasi juga dengan baik. Selanjutnya, kegiatan tersebut dibuat oleh seseorang yang memiliki pengalaman menjalankan ataupun mengadakan webinar.

Dengan sejumlah teknik marketing online tadi, kini Anda bisa mendapatkan ide menarik untuk mempromosikan bisnis dengan modal kecil. Nah, ternyata untuk memulai bisnis tak harus selalu dengan biaya mahal, kan? Anda pun dapat terus menemukan strategi marketing lainnya yang cocok dengan bisnis Anda agar bisa membuatnya semakin berkembang. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

0 Comments

Post a Comment