7 Tips Cerdas Promosi Online Agar Lebih Efektif

Rasanya ingin mulai berpromosi secara online dengan maksimal, tapi bingung harus memulai dari mana? Apa saat ini Anda melihat konten menarik yang mampu membuat banyak oranag terinspirasi? Boleh percaya atau tidak, Anda tak harus menghabiskan banyak waktu setiap hari agar bisa membuat sebuah postingan agar terlihat sempurna.

Anda hanya butuh sebuah perencanaan yang tepat dan juga pemahaman mendasar tentang target market bisnis yang ingin Anda bidik. Contoh semisal Anda punya bisnis waralaba dan ingin pangsa pasar yang luas, artinya Anda membutuhkan sebuah pasar baru dengan kanal yang lebih luas seperti promosi online. Nah, agar promosi online jadi semakin efektif, simak tips-tips cerdasnya berikut ini.

1. Buat “Bio” di Media Sosial Secara Maksimal

Tips Promosi Online
Image by Elite Marketer
Siapkah Anda untuk terhubung dan berinteraksi dengan calon pelanggan? Untuk itulah, Anda harus melengkapi profil Anda yang ada di setiap akun media sosial. Buatlah profil secara optimal, kemudian maksimalkan keyword yang Anda bidik. Pastikan agar semua orang tahu mengenai personal atau bisnis Anda.

Baca Juga : 4 Jenis Kerja Sampingan Di Rumah Ini Menawakan Hasil Menjanjikan yang Patut Dicoba!

Atau, apa yang tengah Anda kerjakan sekarang ini juga bagaimana Anda dapat membantu para calon pelanggan potensial melalui deskripsi di bio Anda. Dengan memaksimalkan deskripsi bio yang ada di laman media sosial, ini akan memudahkan calon klien potensial untuk mengetahui tentang personal maupun bisnis Anda dengan lebih detail.

2. Mulai Bergabung dengan Google Plus

Cara Promosi Online
Image by HeroSoftmedia
Ingin agar bisa lebih mudah ditemukan calon klien potensial? Karenanya jangan lupa untuk bergabung di Google Plus kemudian buat akun di platform ini. Mengapa penting? Pasalnya, platform Google Plus dan hasil pencarian bisnis yang Anda jalankan memiliki korelasi langsung di mesin pencari Google. Karenanya, sekedar bergabung dengan media sosial saja tidaklah cukup. Namun, Anda pun juga mesti aktif dalam platform media sosial tersebut.

3. Optimalkan Penggunaan “Twitter Lists”

Twitter Lists
Image by Sproutsocial
Cara tercepat dan terbaik untuk dapat bergabung dalam percakapan yang sedang hangat dan tetap dapat terhubung dengan kelompok tertentu, ialah dengan memasukannya ke dalam daftar. Salah satu yang akan membantu Anda adalah Twitter Lists.


Anda bisa membuat grup dengan banyak orang yang Anda kehendaki agar bisa terus terlibat setiap saat dengan mereka. Kemudian, tambahkan daftar yang sudah dibuat tadi ke daftar favorit, agar bisa ditinjau setiap saat.

4. Pin Gambar-gambar yang Menarik ke “Pinterest”

tips promosi online
Image by Pinterest
Buat grafis custom semenarik mungkin untuk tiap konten yang Anda miliki kemudian “pin” ke Pinterest. Ini bisa jadi salah satu teknik marketing online yang terbaik supaya dapat membuat bisnis milik Anda terlihat lebih menonjol. Selanjutnya pin gambar tersebut, dan bagikan konten tersebut ke media sosial yang lain seperti Instagram maupun Twitter, lalu gunakan juga gambar yang sama di Google Plus.

5. Pertimbangkan LinkedIn

tips promosi online
Image by Indotechnoweb
Mungkin Anda bisa lebih sering menghabiskan waktu dengan Facebook, namun sudahkah Anda membuat sebuah “tanda” di platform media sosial lain yang dikhususkan untuk bisnis profesional? Nah, coba pertimbangkan untuk menggunakan LinkedIn. Terlebih jika Anda berkeinginan untuk bisa menjalin relasi dengan banyak expert di bisnis yang kini sedang Anda geluti.

Pastikan, untuk secara khusus mengirimkan pesan kepada mereka, dari mulai memperkenalkan diri Anda hingga bagaimana Anda dapat berinteraksi. Jangan lupa untuk bergabung dengan berbagai grup populer yang masih relevan dengan fokus bisnis Anda di platform media sosial yang satu ini.

6. Bergabung dengan Banyak Grup Facebook

tips promosi online
Image by Wikipedia
Undang calon pelanggan, prospek, klien hingga profesional industri lainnya agar bisa bergabung di Grup Facebook. Berikan penjelasan mengenai apa manfaatnya serta bagaimana grup tersebut sangat penting untuk dikembangkan. Pastikan agar grup tersebut merupakan ruang berbagi yang aman dan bebas untuk semua anggotanya.

Baca Juga : Ingin Dapat Passive Income Menjanjikan? Affiliasi Hosting Bisa Jadi Jawabannya!

7. Maksimal Promosi di Instagram

tips promosi online
Image by Rilispedia
Untuk mendukung promosi, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan Instagram dengan maksimal. Apalagi jika punya sebuah blog, Anda bisa mencoba memasang gambar ikon “telepon” supaya bisa mengarahkan followers untuk berkunjung ke website yang Anda miliki. Anda juga bisa berbagi quotes ataupun tips-tips menarik yang berkaitan dengan bisnis Anda di postingan Instagram.

Atau sekedar memberikan informasi pada para followers jika Anda memiliki postingan baru yang menarik di blog atau website yang Anda kelola. Agar lebih menarik, Anda juga bisa mendesain feed Instagram supaya tampilannya membuat pengunjung makin suka dan tertarik.

Sekarang ini akun media sosial tak hanya bisa digunakan sebagai hiburan di waktu lengang saja. Tapi Anda bisa memaksimalkan penggunaannya untuk mendukung bisnis agar semakin maksimal. Semoga bermanfaat!
Baca Juga

0 Comments

Post a Comment