4 Tips Menjalankan Bisnis Online Dengan Modal Pas-Pasan

Berkembangnya teknologi internet sekarang ini sangat memudahkan siapapun untuk mendapatkan informasi. Bukan cuma itu, internet pun juga bisa membuka peluang mendapatkan rejeki. Salah satunya dengan berjualan di dunia maya.

Akhir-akhir ini, bisnis online pun banyak digandrungi. Dari mulai anak sekolah hingga ibu muda, masing-masing mencoba peruntungannya. Banyak yang memulai berbisnis online shop. Tak cuma karena faktor keuntungannya yang cukup menjanjikan, namun bisnis online ini juga bisa dikerjakan sebagai kerja sampingan dari rumah.

Apa lagi, jiwa enterpreneur dapat dimiliki oleh siapapun. Hal ini terbukti dengan ada banyak eksekutif muda yang juga ikut meramaikan bisnis online shop. Menjalankan bisnis apapun pasti membutuhkan modal. Tapi, lain dengan bisnis online shop, Anda bisa menjalankannya tanpa perlu banyak merogoh kocek namun hasilnya luar biasa. Bagaimana caranya? Simak cara berbisnis online berikut selengkapnya.

1. Manfaatkan Sistem Pre Order

bisnis preorder
Image by PeopleMatters
Cara yang pertama ialah dengan memaksimalkan sistem pre order. Dengan sistem ini Anda dapat menjalankan bisnis online tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Pasalnya Anda cuma perlu bekerjasama dengan sejumlah penyalur produk.

Contohnya saja, Anda berencana ingin berbisnis hijab online. Anda tak perlu bingung memikirkan soal modal. Siapkan saja komputer atau laptop untuk menghubungkan Anda sebagai penjual dengan calon konsumen. Jika tak ada laptop, Anda juga bisa memanfaatkan ponsel smartphone.

Baca Juga : Dasar-Dasar dalam Branding Bisnis Kuliner, Pemula Wajib Tahu!

Selanjutnya, buat katalog produk yang isinya sudah disetujui penyalur produk. Anda bisa memerikan tenggat waktu pemesanan hingga tanggal batas akhir untuk pemesanan. Dengan begitu, konsumen akan menyetorkan sejumlah uang muka pemesanan dan bisa Anda gunakan untuk membayarkan produk dari si penyalur.

Jangan sampai lupa mengatur tanggal pelunasan supaya konsumen tidak kabur setelah produk yang dipesan sudah siap dikirimkan. Meski terlihat mudah, bagaimanapun juga Anda harus selalu waspada dengan penipuan, baik itu dari penyalur ataupun konsumen saat memilih cara yang satu ini.

2. Menjadi Dropshipper atau Reseller

bisnis Dropshiper
Image by ElangMedia
Tips yang selanjutnya ialah dengan menjadi dropshipper atau reseller. Cara ini juga terbilang mudah karena Anda tak perlu menyiapkan stok barang. Sederhananya, saat menjadi dropshipperatau reseller berlaku sama sebagaimana mengenalkan produk yang sudah Anda setujui bersama pemilik produk pertama.

Anda mesti mempromosikan sejumlah produk yang telah disetujui. Produk tersebut bisa juga berupa foto-foto yang diposting di Instagram, Facebook, Line, maupun website lainnya. Tetapi, pastikan agar Anda sudah memilih produk yang memang memiliki kualitas baik. Supaya menghindari komplain negatif dari konsumen. Disamping itu, Anda juga harus memastikan bahwa supplier ataupun penyalur produk merupakan seseorang yang bisa dipercaya.

3. Menjalankan Jasa Titip

Bisnis Jasa Titip
Image by Akurat
Cara yang satu ini, Anda dapat menjalankannya tanpa perlu modal yang besar. Jasa titis atau jastip ini biasanya dimanafaatkan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan barang di kota atau negara tertentu dengan harga murah. Karena umumnya produk yang dijual di toko-toko lokal harganya cukup mahal.

Baca Juga : 4 Jenis Kerja Sampingan Di Rumah Ini Menawakan Hasil Menjanjikan yang Patut Dicoba!

Dengan cara ini Anda bisa berlibur tapi juga bisa mendapat penghasilan dengan membelikan produk-produk di kota atau negara tertentu sesuai dengan pesanan di jasa titip yang Anda berika. Sistemnya hampir mirip dengan sistem pre order, yakni dengan menentukan batas waktu pemesanan.
Sebelum penutupan pesanan, Anda bisa memperoleh uang uang muka ataupun pelunasan yang bisa digunakan untuk membeli sejumlah barang titipan tersebut.

4. Penerjemah

penerjemah
Image by Lingo
Satu lagi bisnis online yang bisa dijalankan hampir tanpa modal. Namun,berbeda dengan cara sebelumnya, bisnis ini lebih menaarkan jasa pada pelanggan yakni jasa penerjemah. Jika Anda punya kemampuan bahasa asing lainnya, ini bisa jadi kelebihan tersendiri yang akan menjadi nilai tambah Anda.

Karena Anda menyediakan jasa, sudah pasti tak butuh modal sepeserpun. Hanya perlu menyiapkan laptop atau komputer sebagai media untuk menulis dan menerjemahkan tulisan. Apalagi di jaman global seperti sekarang ini yang menjadikan bahasa asing cukup penting, sehingga jasa ini cukup banyak diminati.

Nah, itu tadi tips cerdas menjalankan bisnis online dengan modal pas-pasan yang sangat layak untuk dicoba. Selain itu, jika ditekuni juga bisa jadi kerja sampingan yang menjanjikan peluang menggiurkan untuk masa depan. Semoga bermanfaat!
Baca Juga

0 Comments

Post a Comment