Ragam Keuntungan Pengguna Kartu Pra Kerja, Dapat Gaji dan Insentif Juga Lo

Kartu Prakerja merupakan program bantuan untuk pelatihan gratis dari pemerintah yang memiliki tujuan untuk bisa mengembangkan kompetensi kerja dari penerima kartu pra kerja. Kartu prakreja diperuntukan bagi mereka yang berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kartu Prakerja


Bantuan tersebut akan diberikan untuk peserta satu kali seumur hidup. Program tersebut diberikan untuk membantu meningkatkan kompetensi dari angkatan kerja, membuat produktivitas jadi lebih berkembang sehingga memiliki daya saing yang maksimal.

Keuntungan yang Didapat

Kartu prakerja tak hanya dapat diikuti oleh lulusan baru atau " fresh graduate" yang sedang ingin mencari pekerjaan, tapi juga para karyawan buruh, maupun pegawai. Singkatnya, seluruh warga Indonesia yang telah berusia minimal 18 tahun serta tidak sedang bersekolah ataupun kuliah, bisa mendaftar kartu pra kerja dan memperoleh kesempatan mendapatkan pelatihan gratis. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh dari mendaftar kartu prakerja.

1. Gaji Prakerja dan Insentif

Para pemegang kartu akan mendapatkan gaji prakerja sekitar Rp 3,5 juta yang akan diberikan secara bertahap selama 4 bulan. Gaji prakeja tersebut tersebut merupakan uang saku dan insentif yang terdiri dari Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan gratis serta Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan total sekitar Rp 2,4 juta untuk uang saku tiap pemegang kartu.

Selanjutnya masih ada lagi insentif sebesar Rp 50 ribu dan diberikan 3 kali saat pemegang kartu melakukan survey kebekerjaan. Gaji prakerja dan insentif tersebut akan diberikan melalui rekening bank peserta atau akun e-wallet yang sebelumnya sudah didaftarkan melalui akun Prakerja. Gaji prakreja tersebut diharapkan mampu membantu seluruh pencari kerja untuk bisa meningkatkan skill dan modal bekerja.

2. Mendapatkan Sertifikasi

Kartu Prakerja juga memberikan sertifikasi keahlian dari beberapa pelatihan gratis yang diberikan dari platform mitra. Hal tersebut yang akan membuat calon pekerja memiliki daya saing yang tinggi di dunia kerja sehingga meningkatkan peluang untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik sehingga efektifitas kerja akan semakin meningkat.

Baca Juga : Kerja Online Termudah dibayar 200Ribu

Karyawan atau calon pekerja yang sudah terlatih dinilai jauh lebih mampu mengolah bahan dan juga menggunakan peralatan kerja jauh lebih baik. Dengan begitu, risiko kecelakaan maupun kerusakan peralatan jadi lebih minimal jika ditangani oleh pekerja yang sudah terlatih secara profesional. Sehingga mampu membuat semuanya jadi lebih efektif dan efisien bagi pemberi kerja

3. Menjadi Lebih produktif

Pekerja yang terlatih biasanya akan lebih mampu memberikan produktivitas yang jauh lebih besar dengan hasil kerja yang jauh lebih berkualitas daripada pekerja yang belum terlatih sama sekali. Pelatihan gratis dari kartu prakerja akan membantlu mendorong peningkatan keterampilan pekerja sesuai bidang yang ditekuni. Sekaligus memberikan pengaruh kuantitas serta kualitas output dari perusahaan yang merkrutnya.

4. Prosedur Terstandarisasi

Umumnya sebuah perusahaan membutuhkan pekerja atau karyawan yang memang terampil atau sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Dengan mengikuti pelatihan gratis dari kartu prakerja, Anda bisa mendapatkan standarisasi sesuai yang diinginkan oleh banyak perusahaan. Sehingga pekerjaan akan datang dengan sendirinya tanpa perlu repot berdesak-desakan mencari di bursa kerja.

5. Soft Skill Meningkat

Soft skill sangat diperlukan di dunia kerja selain juga pendidikan secara formal tentunya. Pasalnya, soft skill lebih mengarah pada keahlian individual yang mampu meningkatkan kemampuan diri dalam pekerjaan. Jika Anda mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang ingin digeluti, maka soft skill yang diperlukan dalam sebuah pekerjaan bisa meningkat.

Baca Juga : 3 Aplikasi Android Terbaik Penghasil Uang

Misalnya saja rasa skill berbicara di depan umum, tentunya kemampuan tersebut tak bisa diperoleh dengan mudah hanya dari bangku sekolah. Perlu sebuah oelatihan secara khusus, dan Anda bisa mendapatkan pelatihan gratis di platform mitra yang ditunjuk.

6. Keterampilan Meningkat

Saat keterampilan baru diperlukan, sering kali perusahaan menghadapi kesulitan dalam menemukan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Karenanya sertifikasi pelatihan mampu digunakan sebagai pertimbangan untuk bisa menemukan pekerja baru yang diharapkan bisa membuat proses seleksi jadi lebih singkat. Selain itu calon pekerja juga lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena memiliki sertifikasi yang terpercaya.

Demikian tadi informasi tentang keuntungan prakerja, dari mulai gaji prakerja, pelatihan gratis hingga memperoleh sertifikasi yang akan meningkatkan daya saing di dunia kerja. Menggunakan kartu prakerja bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan untuk para pencari kerja secara lebih maksimal. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

0 Comments

Post a comment