Di Gaji 3.5Juta, Begini Cara Daftar Prakerja Terbaru

Kartu Pra kerja merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh pemerintah untuk meringankan para pencari kerja dengan memberikan bekal pelatihan kerja yang cukup pada angkatan kerja. Program ini ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang menjadi korban PHK (pemutusan hubungan kerja), maupun para pelaku UMK (usaha mikro dan kecil) yang belakangan terdampak dengan adanya pandemi virus Covid-19.
daftar prakerja

Sekilas tentang Kartu Prakerja

Dalam program pra kerja, pekerja akan menerima manfaat dengan total sekitar Rp 3,5 juta untuk tiap orang. Dari angka tersebut, Rp 1 juta digunakan untuk membayar biaya pelatihan yang bisa digunakan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan digital dari platform mitra. Kemudian sisanya akan diberikan berupa uang saku dan juga insentif pada setiap pemegang kartu.

Uang saku yang akan diterima sekitar Rp2,4 juta yang akan diberikan dalam 4 tahap dan diberikan tiap bulan sebesar Rp 600 ribu. Sedangkan untuk insentif, pemegang kartu pra kerja akan menerima Rp 150 ribu setelah melakukan pengisian survei evaluasi yang dilakukan selama tiga kali.

Pemegang kartu pra kerja bisa memilih modul pelatihan yang selanjutnya jika sudah menyelesaikan pelatihan pertama. Bantuan tersebut akan hangus jika selama 30 hari setelah ditetapkan menjadi penerima, Anda belum mempergunakan kartu pra kerja untuk mengikuti pelatihan pertama. Sisa dari bantuan tersbeut bisa digunakan untuk mendapatkan modul pelatihan yang selanjutnya sampai Desember 2020.

Anda mungkin juga suka : Cara Auto Kaya 100$ sehari Tanpa Modal

Cara Daftar Pra Kerja

Lantas bagaimana cara daftar pra kerja, apa pula persyaratan yang harus dipenuhi? Tapi sebelum mulai daftar pra kerja, ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, berikut diantaranya.
  • Data diri lengkap dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai dengan yang tercantum di KTP.
  • Nomor telepon yang aktif digunakan.
  • Email aktif.
Setelah beberapa dokumen disiapkan, berikut syarat penting yang juga harus dipenuhi, diantaranya:
1.Berusia minimal 18 tahun (pada saat mendaftar) dan berkewarganegaraan Indonesia (WNI)
2.Tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan formal yang lain
3.Tidak sedang bekerja di instansi atau perusahaan manapun

Untuk bisa daftar pra kerja, Anda harus memiliki akun di situs resmi kartu prakerja yakni www.prakerja.go.id. Untuk membuat akun pun juga cukup mudah, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya tersebut. Berikut cara membuat akun di situs www.prakerja.go.id.
  • Buka situs www.prakerja.go.id
  • Kemudian klik Daftar Sekarang
  • Di laman selanjutnya masukkan alamat email yang masih aktif di kolom yang tersedia dan masukan password Anda. Jika sudah jangan lupa centang kotak yang berisi persetujuan syarat dan ketentuan. Lanjut klik Daftar.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan verifikasi email, langsung cek inbox di email Anda untuk melakukan verifikasi akun pra kerja.
  • Klik link yang diberikan lewat email tersebut, dan akun Anda pun sudah terverifikasi serta diap digunakan. Untuk menggunakannya Anda bisa mencoba login di halaman depan.
Setelah selesai membuat akun di website Pra Kerja, Anda bisa segera mendaftarkan diri, berikut langkah-langkahnya.
  • Masuk ke laman website prakerja.goi.id, lalu login dengan akun Anda
  • Isi nomor KTP dan tanggal lahir yang sesuai di KTP pada kolom yang tersedia
  • Kemudian Anda juga akan diminta untuk mengisi data diri secara lengkap di kolom yang tersedia dan melakukan verifikasi nomor telepon.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi sejumlah tes kemampuan dasar. Jika sudah, klik selesai.
  • Jika dinyatakan lulus, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui akun email yang telah terdaftar. Dengan begitu, Anda bisa mulai memilih berbagai macam pelatihan yang sesuai.
Setelah terdaftar nantinya Anda akan memperoleh hak untuk mendapatkan pendidikan atau pelatihan serta akan menerima sertifikat ketika dinyatakan lulus. Pelatihan yang diperoleh bisa dilakukan secara offline ataupun online. Dengan begitu Anda bisa menggunakan ilmunya untuk kerja di rumah secara maksimal.
Baca Juga

0 Comments

Post a comment