Cara Menjual Foto di Shutterstock Dengan Mudah Lenkap

Shutterstock adalah agensi terbesar yang paling banyak penggunanya, maka tak heran beragam cara bisa di lakukan untuk bergabung dengan shutterstock dan mulai menghasilkan uang, di shutterstock tidak hanya bisa menjual foto saja, melainkan bisa menjual vector, menjual video hingga menjual audio, semua itu bisa di lakukan hanya dengan satu akun saja, sangat mudah bukan.

Namun kali ini tutorialkerja akan share cara menjual foto di shutterstock lengkap dengan jenis foto yang di terima dan yang tidak di terima , serta syarat -syarat lain yang akan di bahas di bawah.

Jual foto di shutterstock

Sebelum di bahas lebih lanjut cara menjual foto di shutterstock pastikan sudah punya akun shutterstock dulu, kalau belum dan tidak tahu caranya baca artikel rekomendasi ini cara membuat akun shutterstock  disitu akan di pandu lengkap cara mendaftar di shutterstock dengan mudah.

Yang harus dilakukan sebelum jualan?

Pertama jelas ini berhubungan dengan foto berarti harus ada kamera, pertanyaan besar muncul, apakah bisa pakai HP atau smartphone? jawabanya tentu bisa, akan tetapi yang harus di garis bawahi adalah foto harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, mana mau klien beli foto yang burik dan tidak ada kejelasanya?

Baca Juga : Cara Menghasilkan Dollar Jual Foto di AdobeStock

Untuk yang sudah punya kamera tetap sama, kualitas harus di perhatikan untuk lebih jelas tentang foto yang berkualitas dan di terima shutterstock bisa baca artikel ini foto yang di terima shutterstock. kemudian jika sudah paham tentang kulitas foto yang baik sekarang kita akan menuju ke proses upload di sini saat proses upload ada beberapa jenis atau lisensi foto , sebelum di upload pahami jenis foto apa saja yang di jual di shutterdtock.


  • Editorial
Editoral adalah foto yang di hasilakn di tempat umum atau keramaian atau property yang dimana kita tidak bisa meminta satu persatu property rilisnya. Contohnya mengambil gambar alun - alun atau tempat wisata dan sisitu banyak orang, orangtersebut ikut kefoto dan kita tidak kenal siapa dia dan tidak mungkin rasanya minta satu persatu untuk tanda tangan property rilis. Nah disini fungsi editorial, kita masih bisa menjual foto di shutterstock yang didalamnya ada orang tetapi foto editoral kita harus memberikan info sedetail mungkin dideskripsi seperti dimana tepatnya, siapa dia, jam berapa, bagaimana atau biasa di sebut dngan 5W1H itu suatu kewajiban supaya foto di approve atau di setujui.

  • Rilis Property
Adalah hasil foto yang di dalamnya mengandung property contohnya foto gedung, foto model kita sendiri atau foto yang memiliki hak lainya. Contohnya penerapanya Anda punya model untuk difoto nah disitu model tersebut harus menandatangi rilis properti jika belum paham tentang apa itu rilis propeti dan cara mendapatkanya silahkan baca artikel ini cara mengisi rilis properti shutterstock .

  • Tanpa Rilis property
Ini mungkin jenis foto ang paling rekomendasi untuk pemula, karena selain mudah di dapatkan, foto jenis ini juga mudah di setujui oleh shuttertock sehingga mudah juga untuk menghasilkan dollar di shutterstock. Contoh foto jenis seperti ini adalah foto buah, foto kayu, foto daun, foto burung dan foto lainya yang tak mempunyai hak cipta atau brand.

Jika Anda sudah memahami materi di atas, sekarang langsung mencoba upload foto dan menjual foto di shutterstock ada pilihan mau pakai aplikasi atau pakai desktop, disini tutorialkerja akan memakai aplikasi shutterstock supaya lebih mudah proses uploadnya.

  • Daftar di shutterstock
  • Download aplikasi shutterstock di google playstore atau appstore
  • Masuk dengan akun yang sudah di daftarkan
Cara Menjual Foto di Shutterstock

  • Kemudian masuk teab paling bawah sebelah kanan gambar dollar
Cara Menjual Foto di Shutterstock
  • Kemudian pilih tombol + di atas
Cara Menjual Foto di Shutterstock
  • Kemudian Anda pilih foto mana yang ingin di upload, pastikan foto yang di upload harus beresolusi minimal 4MP biasanya untuk standar ukuran di kamera sudah memenuhi, jika foto tidak memenui resolusi akan muncul error di dalam proses upload tersebut.
  • Untuk menjual foto di shutterstock isi deskripsi dan keywoard, jika foto anda adalah jenis editorial maka anda wajib mengisi deskripsi dengan lengkan. 5W1H jika foto biasa maka anda cukup mencantumkan nama fotonya apa. Contoh foto anda gambar bunga maka deskripsi berupa judul Beautiful Red Flower In The Garden, Nama judul harus bahasa inggris, semuanya termasuk keywoard.
Cara Menjual Foto di Shutterstock
  • Setelah itu di bawahnya Anda akan di berikan pilihan seperti Editoral, Ilustration, Mature Content. Jika foto anda adalah foto yang tidak mengandung properti apapun maka jangan di centang. Akan tetapi jika foto anda mengandung property anda bisa pilih editoral jika banyak atau property rilis jika tunggal dan membutuhkan property. Ilustration adalah vector jadi Anda tidak perlu mencentangnya jika yang i upload adalah foto.
Cara Menjual Foto di Shutterstock
Kemudian tinggal klik submit dan silahkan tunggu sampai proses review berjalan, biasanya review membutuhkan waktu kurang dari 1x24 jam. Jika terjadi penolakan silahkan Anda pahami apa saja yang di tolak dan yang paling banyak di tolak tetapi semuanya berasa sudah benar adalah foto yang mis focus, jika Anda seorang fotografer profesional maka hal ini tidak akan mungkin terjadi, tetapi jika anda seorang pemula, foto yang keliatanya bagus ternyata setelah di berpesar burem , sebab ini foto Anda di tolak karena kesalahan fokus.

Nah jadi itu Cara Menjual Foto di Shutterstock Dengan Mudah Lenkap untuk lebih bisa memahami Anda bisa membaca artikel referensi sejenisnya, shutterstock bisa menjadi ladang kerja online tanpa modal terbaik untuk bisa menghasilkan ratusan dolar setiap bulanya, asalkan rajin dan bisa memahami segmentasi pasar yang berlaku.
Baca Juga

0 Comments

Post a comment