Apakah Mining Bitcoin di Tahun 2020 Masih Menguntungkan?


Cryptocurrency Menambang Bitcoin - adalah suatu proses dimana dalam satu atau lebih transaksi dapat diselesaikan dengan konfirmasi yang bisa di lakukan dan di verifikasi oleh penambang. Sejak bitcoin di temukan pada tahun 2009 lalu, memang sampai sekarang banyak menimbulkan kontroversi baik itu cara penggunaanya atau untuk para investor yang sejatinya menyimpan uang pribadinya dan di jadikan bitcoin, namun harga bitcoin yang terlalu tinggi naiknya dan terlalu rendah turunya, yang juga menjadi salah satu kendala bagi para investor. bayangkan saja, semisal hari ini menyimpan bitcoin senilai 10.000$ tiba-tiba besok harga bitcoin sudah turun 50% sudah berpa coba kerugianya? dan itu bukan tidak mungkin terjadi. Sebaliknya juga, besok harga bitcoin naik 75% itu bisa saja.

Nah sekarang kembali ke topik pembahasan, Apakah bitcoin masih menguntungkan untuk di tambang, sedangkan tingkat kesulitan semakin tinggi dan harga bitcoin semakin menurun. Jika kita bisa melihat ke beberapa bulan yang lalu bitcoin hampir menyentuh 20.000$ sekarang bitcoin cuma berkisar 7000$ an. Ditambah lagi tingkat kesulitan yang sudah terlanjur naik dan sangat sulit untuk turun menyesuaikan dengan harga. Sampai sekarang ini juga yang menjadi kendala untuk para penambang bitcoin saat ini.

Trading


Apa sih itu Mining?

Sebagai gambarannya Penambangan Bitcoin adalah proses penambahan catatan transaksi ke buku besar umum Bitcoin dari transaksi atau blockchain sebelumnya. Buku besar transaksi masa lampau ini disebut rantai blok karena merupakan rantai blok. Rantai blok berfungsi untuk mengkonfirmasi transaksi ke seluruh jaringan sebagai telah terjadi.

Keuntungan Mining itu Dari Mana? 

Jika kita berbicara keuntungan penambangan, sebenarnya sederhana sekali, penambangan bisa menghasilkan uang dengan cara memecahkan blok dan menkonfirmasi transaksi. Kemudian disitulah para penambang akan mendapatkan reward dari setiap transaksi yang di verifikasi dan akan di akumulasi setiap bloknya berhasil menkonfirmasi berapa transaksi.

Apakah ada Alternatif Bitcoin ?

Tentu, di luar masih banyak altcoin yang masih bisa digunakan untuk mining dan bahkan bisa melebihi pendatan saat minig bitcoin, rekomendasi mungkin bisa mencari referensi tentang coin baru, dimana kita bisa memanfaatkanya dengan mengolah transaksi-tranksaksinya, tapi harus juga di sesuaikan dengan apa yang akan di dapat di kemudian hari.

Jika kita melihat 2 aspek diatas sekarang kita sudah tau bukan tentang proses mining, Nah yang jadi perbincangan saat ini apakah masih menguntungkan? jika kita melihat dari pembahasan di atas, sebenarnya kalau kita mau menambang bitcoin saat ini, sebenarnya bukanlah pilihan yang tepat, karena apa? Tingkat kesulitan yang semakin tinggi, sedangkan harga bitcoin turun dratis, besar yang didapatkan jika dijadikan dollar tidak lah seberapa dan tidak sebanding dengan pengeluaran operasional, seperti listrik,internet dan kebutuhan pokok lainya.

Bagimana menurut Anda apakah Anda masih mau menambang bitcoin di tahun 2018 ini? Coba pertimbangkan kembali dan coba bandingkan dengan altcoin yang sudah ada saat ini.
Baca Juga

0 Comments

Post a comment