Apa itu ICO, Initial Coin Offering Program?


ICO Apa itu ICO, Initial Coin Offering Program? ICO adalah kepanjangan dari Initial Coin Offering, yaitu Initial sama artinya dengan Awal atau Pertama, Coin disini diartikan sebagai Token / Coin. Dan Offering memiliki arti Penawaran. Jadi dapat disimpulkan arti dari kata ICO adalah Penawaran Coin Pertama sebelum coin tersebut dipublikasikan ke pasar yang bebas. ICO pertama kali dilakukan pada tahun 2013, coin yang pertama kali menggunakan metode ICO adalah coin MasterCoin (OMNI). Sebuah Cryptocurrency seperti halnya bitcoin yang memiliki sistem seperti blockchain, yang telah berhasil mengumpulkan banyak token sebelum dirilisnya coin pada bulan Juli 2013 melalui Forum Bitcointalk. dan Ethereum saat ini merupakan kampanye paling sukses yang pernah dilakukan dan coin nya saat ini telah mencapai harga 0.12 BTC per coin nya. Beberapa waktu setelah kampanye pendanaan yang berhasil di tahun 2014.

Apa tujuan ICO?

ICO ditawarkan oleh para pengembang crytocurrency biasa di sebut dengan developer yang tujuannya adalah untuk mengumpulkan dana untuk dapat mengembangkan proyek cryptocurrency yang akan mereka lakukan yaitu cryptocurrency baru. Dana ini dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan proyek yang digarap agar lebih cepat berkembang dan bisa secepatnya dapat diselesaikan.

Apa Keuntungan dari ICO?


Bagi para Pengembang atau Developer cryptocurrency, mereka mendapatkan bantuan dana yang digunakan untuk mempercepat proses pengembangan coin yang mereka garap, supaya dapat cepat terealisasikan dan dapat dinikmati oleh banyak orang. Bagi investor, mereka akan mendapatkan token atau coin, yang secara sah menjadi milik pribadi para investor.

Yang mana, nantinya dapat diperdangangkan di market exchanger secara bebas dan tentunya harga akan lebih tinggi jika coin tersebut kamu jual setelah ICO berakhir dan coin sudah resmi dipublikasikan, biasanya harga bisa naik menjadi 5x lipat lebih mahal dari harga yang kamu beli saat ICO.

Apa Kerugian dari ICO?

Dikarenakan ICO sifatnya investasi, maka kita mengeluarkan dana  dan memberikannya kepada pihak ketiga (dalam hal ini adalah developer), yang mana bisa saja uang tersebut tidak digunakan sesuai perjanjian saat ICO yaitu dibawa lari tanpa adanya keterangan yang jelas, biasanya sering dikatakan dengan istilah "SCAM".

Ada beberapa hal yang menjadi sebab terjadinya SCAM pada ICO Cryptocurrency, diantaranya adalah tidak jelasnya proyek tersebut, tujuan dari pengumpulan dana yang dilakukan oleh developer dan tim tidak jelas dan terkesan sembunyi - sembunyi. Biasanya hal ini tertera jelas dalam Whitepaper.

Apakah hubungan antara ICO dengan IPO?


IPO adalah kepanjangan dari Initial Public Offering, yang memiliki arti sebuah investasi dalam sebuah perusahaan, seperti halnya Google, Facebook, dan investror tersebut mendapatkan sekian saham dari investasi tersebut.

Perbedaan yang paling mencolok antara IPO dan ICO adalah pada saat proses Pengumpulan dana IPO, dana harus melewati bermacam regulasi, seperti instisusi pemerintahan, institusi keuangan, izin - izin dan ini oun belum sepenuhnya dapat diterima nantinya.

Sedangkan ICO memiliki mekanisme yang lebih simple dan mudah untuk dilakukan oleh para investor, mekanisme yang dilakukan juga tanpa melalui regulasi yang rumit seperti IPO, serta ICO dapat diikuti oleh siapa saja yang tertarik melakukan Investasti dengan ICO, crypto tersebut. Serta tidak ada batasan minimal untuk berinvestasi di ICO ini.

Bagaimana Cara Investasi ICO?


Cara untuk investasi di program ICO sangatlah sederhana, kita hanyalah mengikuti perkembanganya melalui websitenya dan kita jadwalkan kapan proses ico tersebut berlangsung. Jika kita sudah mengetahuinya kita bisa mendepositkan dana kita ke wallet yang sudah tersedia di akun kita baik itu btc ataupun eth dan nominal minimal invest adalah bermacam macam. jadi tidak ada patokan tertentu kita bisa invest dengan jumlah minimum berapa. dan jika kita sudah berhasil deposit kini tinggalah tunggu waktu ico tersebut dan disitulah kita bisa membeli koin yang di jual oleh website tersebut.

Dan masalah keuntungan dan resiko setelah membaca artikel di atas saya rasa teman-teman sudah paham dengan resiko yang tinggi tapi keuntunggan juga tinggi. Yang di butuhkan sebenarnya adalah mental yang kuat di saatn nanti tiba saatnya uang kita hilang.
Baca Juga

0 Comments

Post a comment