3 Marketplace Terbaik Untuk UMKM dan Jualan Online Laris


Marketplace3 Marketplace Terbaik Untuk UMKM - Berkembangnya dunia bisnis di indonesia sekarang semakin besar dan khususnya pertumbuhan pengusaha UMKM yang meningkat setiap tahunya , dengan bidang penjuala yang beragam. Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia , pada tahun 2013 penggunaan internet di indonesia hanya berkisar 15% dari total seluruh penduduk di indonesia , namun dari tahun ke tahun berikutnya pertumbuhan penggunaan internet di indonesia terus beerkembang pesat dan menjadi salah satu negara pengunaan internet terbesar di dunia , bisa di lihat pada tahun 2015 penggunaan internet meningkat dari tahun-tahun sebelumnya yaitu berkisar 22% dari total penduduk di indonesia , catatan tersebut bersumber dari bankdunia atau biasa di kenal dengan worldbank.org , data tersebut telah di perbarui pada 6 februari 2017 dan keakuratan data bisa di pertanggung jawabkan , tetapi indonesia masih kalah dengan negara-negara yang ada di asia tenggara lainya , seperti halnya dengan malaysia , tercatat pada tahun 2015 penggunaan internet di malaysia berkisar 71% dari seluruh penduduk , sedangkan peringkat pertama penggunaan internet terbesar di asia tenggara yaitu singapura dengan jumlah berkisar 82,1% dari jumlah total seluruh penduduk.

Di indonesia sendiri pengenalan terhadap internet sudah mulai berkembang sejak dini , khususnya di bidang pendidikan , jika menengok kebelakang , semenjak SMP kita sudah di ajarkan dan di kenalkan dengan dunia internet , tetapi , apakah kita sudah menyadari manfaat dari penggunaan internet tersebut ?  pengenalan internet harus di mulai sejak dini tetapi sering sekali malah orang-orang yang mengenalkan internet di gunakan untuk hal-hal yang tidak berguna sama sekali , internet bisa memberikan kita sebuah wawasan baru dan berinteraksi dengan orang lain yang belum di kenal dan internet ini yang akan menghubungkan orang yang satu dengan orang lainya tanpa harus bertatap muka secara langsunng.

Manfaat Internet di Bidang Perdagangan

Internet menjadi salah satu wadah interaksi sesorang dengan orang lainya tanpa mempertemukan keduanya dan salah satunya adalah marketplace , sebuah pasar online yang menghubungkan interaksi antara penjual dan pembeli , manfaat internet untuk perdagangan salah satu yang bias kita kenal yaitu dapat memudahkan penjualan secara online tanpa harus repot membuat toko offline , pada dasarnya manfaat penggunaan internet untuk perdaganan sangatlah penting dan pada suatu kondisi tertentu internet ini yang menjadi tumpuan atau pondasi dari perusahaan perdagangan tertentu.

Mengenal Marketplace

Marketplace adalah sebuah wadah perdagangan yang menghubungkan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan suatu produk , marketplace sering di kenal dengan Mall Online dimana seseorang bisa menemukan berbagai produk berbeda jenis atau berbeda kategori pada tempat yang sama , seseorang bisa menemukan ribuan produk berbeda dalam satu wadah yang sama di sebut dengan Marketplace.

Marketplace di bedakan menjadi 2 biasa kita kenal dengan Marketplace Regular dan Marketplace Produk digital , Marketplace reguler yaitu marketplace yang menjual sebuah produk di mana barang yang di terima oleh pembeli sebuah produk yang nyata , sedangkan Marketplace Digital yaitu sebuah wadah atau tempat penjualan barang-barang digital , yang di maksud dengan produk atau barang digital ini adalah produk yang tidak bisa kita sentuh atau produk yang tidak bisa kita pegang dengan nyata , contoh dari produk ini yaitu ( Software, Script , Website dll ).

5 Marketplace Terbaik Untuk UMKM

Marketplace di indonesia sudah banyak beredar dan bertebaran di internet , tetapi ada 5 Marketplace terbaik yang di khususkan untuk UMKM yang bisa menjual produknya secara online , 5 Marketplace ini adalah termasuk marketplace terbesar di indonesia dan sudah memiliki jutaan penjual dan pembeli serta memiliki puluhan juta pengunjung setiap harinya , jadi untuk penerapan penjualan online di Marketplace terbilang cukup efektif dari sisi penjualan maupun ke efektifan waktu yang di butuhkan.

Dan berikut ini adalah daftar 3 Marketplace Terbaik Untuk UMKM

1. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia adalah Situs Marketplace terbesar dan terbaik di indonesia , seseorang bisa menjual produk apa saja disini , terkecuali barang-barang yang di larang. Tokopedia berdiri pada tahun 2009 dan memiliki modal yang besar sejak mendapatkan suntikan dana dari Softbank Internet , Media Inc. dan Sequoia Capital sejumalah 1.2 Triliun Rupiah , dengan modal yag cukup besar kini Tokopedia telah menjelma menjadi marketplace terbesar dan terbaik di indonesia.

William Tanuwijaya adalah CEO dari Tokopedia Mengatakan penjual yang ada di Tokopedia setiap tahunya meningkat 30% dan saat ini Tokopedia memiliki jutaan produk aktif dan 2 juta produk terjual setiap bulanya. Tokopedia memiliki 2 tipe penjual yaitu penjual free dan gold merchant.

2. Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak adalah situs Marketplace yang menjadi pesaing berat Tokopedia yang memiliki ratusan ribu penjual dan 1,5 juta produk terjual perbulanya , Bukalapak berdiri pada tahun 2010 , Ahmad Zacky merupakan CEO dari Bukalapak mengatakan pengunjung setiap harinya berjumlah 150 juta dan akan bertambah setiap bulanya. Bukalapak memiliki fitur-fitur yang baik , memiliki fitur ngoisasi sehingga pembeli dapat mengajukan nego pada suatu produk yang dirasa masih bisa di nego.

Daftar menjadi penjual di Bukalapak gratis dan tanpa biaya sedikitpun , namun jika seseorang menginginkan penjualan yang sistematis , Bukalapak membagi penjual menjadi 2 yaitu Penjual Free dan Penjual Premium. Pelapak premium penjual akan mendapatkan badge pelapa premium dan memiliki data penjualan yang lengkap sedangkan penjual free data penjualan hanya terbatas , yaitu sebatas transaksi dan riwayat penjualan saja.

3. Shopee

Shopee

Shopee merupakan marketplace mobile yang secara perlahan akan menjadi marketplace terbesar di indonesia , Shopee identik dengan badge Free Ongkir di setiap produk maupun iklan digital yang merek pasang , Shopee selalu menghadirkan promo gratis ongkir setiap bulanya dengan minimal jumlah pembelian tertentu , dengan adanya promo menarik ini tentunya banyak pembeli yang meliriknya dan keuntungan itu di tujukan untuk penjual dan pembeli dimana pembeli tidak menanggung ongkos kirimnya dan penjual akan meningkat penjualanya.

Shopee di kelola oleh PT Shopee Internasional Indonesia , kini telah berkembang pesat dari sisi penjual maupun infrastrukutur , Cris Feng merupakan CEO dari Shopee Indonesia mengatakan Shopee akan terus berkemang dan shopee akan menjadi marketplace besar di indonesia. Tak tanggung-tangging Shopee akan langsung menyasar 2 negara asia tenggara lainya yaitu  Thailand dan Singapura.

3 Marketplace tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi wadah penjualan untuk UMKM maupun perusahaan yang canggih , 3 Marketplace tersebut mudah untuk di gunakan tidak perlu membutuhkan skill khusus , karena pengunaan yang mudah tidak terlalu ribet , sangat di sarankan untuk penjual yang masih baru dalam mengenal marketplace.
Baca Juga

0 Comments

Post a comment